Thursday, March 8, 2012

9 Februari 2012

Pagi ini dengan menumpang taksi saya menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 45 menit adalah waktu tempuh ideal dari Salemba (Sekretariat PP GMKI) ke Bandara. Seperti biasa supir taksi selalu mengawali dua pertanyaan standar yang beruntun: “Mau kemana?” dan “Mau lewat jalan mana?”.
Saya tiba di bandara sekitar pukul 04.35 WIB atau 40 menit sebelum boarding. Satu hal kecil yang membuat saya hampir terlambat adalah terminal keberangkatan maskapai Lion Air tujuan Banjarmasin seharusnya di terminal 1A dan saya turun taksi di terminal 1B. Oh ya hari ini saya akan ke Banjar Baru mengawal program Pengurus Pusat GMKI yaitu pelaksanaan Training of Trainers sekaligus juga membacakan sambutan Ketua Umum GMKI dalam rangka perayaan Dies ke – 62 Natalis GMKI di Banjar Baru. Untung hari ini jadwal penerbangan tidak mengalami penundaan sehingga kami dalam pesawat Boeing 737-900ER dengan nomor penerbangan LNI-320 bisa berangkat tepat waktu.
Cuaca di atas bandara Syamsudin Noor kurang bersahabat sehingga butuh waktu beberapa saat bagi pilot untuk menentukan titik pendaratan yang tepat. Burung besi yang saya tumpangi itu tiba pukul 08.36 disambut hujan tipis di Kota Banjar Baru. Tepat ketika saya memasuki gedung terminal kedatangan bandara, telepon genggam saya berdering dan di sana ketua cabang GMKI Banjarmasin menanyakan kabar dan siap untuk menjemput saya di Bandara. Ternyata butuh waktu 1 jam untuk menunggu jemputan. Alasannya sederhana “Tadi rencana mau jemput pake motor tapi karena hujan lebat jadi saya tunggu mobil panitia yang tadi lagi terpakai” kata Wawan (ketua GMKI Banjarmasin). Saya kira cukup masuk akal alasannya.
Di bawah guyuran hujan lebat, kami menuju wisma milik paroki Kalimantan selatan tempat kegiatan selama 3 hari ke depan akan berlangsung. Di sana sudah ada beberapa teman dari palangkaraya, Balikpapan dan Samarinda. Beberapa diantaranya masih di secretariat GMKI Banjar Baru.
Setelah beristirahat beberapa jam, kami mulai acara hari ini pukul 14.00 dengan aksi simpatik membagi bunga di sepanjang jalan utama kota Banjar Baru. Membagi bunga imitasi buatan kawan-kawan anggota GMKI Banjarmasin berisi pesan perdamaian. Setelah 2 jam berlalu, belum seluruh bunga habis terbagi tetapi koordinator lapangan mengajak untuk kembali ke wisma karena pukul 17.00 akan dimulai ibadah pembukaan ToT sekaligus Dies Natalis GMKI.
Ibadah pembukaan ToT dan Dies natalis dimulai tepat pukul 17.15 dihadiri oleh peserta ToT dari seluruh cabang di wilayah 6 dan beberapa senior members. Ibadah dan upacara organisasi berlangsung normative walaupun menghadapi sedikit kendala. Melewatkan Dies Natalis di Banjar Baru kota idaman merupakan momen istimewa bagi saya. Saya mengakhiri hari ini dengan ungkapan syukur, telah melaksanakan bagian kecil dari penugasan saya ke Pulau Borneo. Ini adalah perjalanan pertama di pulau Kalimantan. Saya akan mendatangi tempat – tempat menarik segera setelah ToT ini usai.
Gambar: Pemotongan kue dies natalis GMKI ke-62 di Banjarbaru
Dirgahayu GMKI. Kami akan terus berjuang mewujudkan tatanan langit dan bumi yang baru yang layak untuk didiami. Amin